Otak Manusia Butuh Liburan

Otak Manusia Butuh Liburan


Melakukan rutinitas yang sama setiap hari akan menyebabkan kejenuhan dan otak tidak dapat bekerja secara maksimal. Ada 4 alasan yang membuat otak manusia membutuhkan liburan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Families and Work Institute menemukan bahwa melakukan liburan seperti pergi ke museum atau pantai di dekatnya adalah penting untuk otak.



Otak Manusia Butuh Liburan


Otak Manusia Butuh Liburan


Berikut 4 alasan yang menjadikan liburan menjadi penting untuk otak, seperti dikutip dari Myfoxorlando.com:


1. Tingkatkan Memori
Dr. Russell Poldrack sebagai direktur Pusat Penelitian Imaging di University of Texas di Austin mengatakan, liburan akan memberikan pengalaman baru, kondisi ini akan membuat otak merespons dengan melepaskan dopamine ke dalam hippocampus (bagian otak yang menciptakan memori atau kenangan). Ini akan meningkatkan daya ingat dan membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer.

2. Meningkatkan kreativitas
Peneliti Amerika dan Perancis menemukan liburan dapat meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah, meningkatkan kesadaran akan koneksi yang hilang dan mendorong orang untuk mencoba sesuatu yang baru. Ini karena liburan memfasilitasi kreativitas pikiran.

3. Tajam konsentrasi
Peneliti dari University of Pittsburgh melaporkan bahwa orang dengan kondisi kesehatan yang serius cenderung membutuhkan waktu lebih sedikit sehingga meningkatkan kadar hormon stres. Poldrack mengatakan ketika seseorang lelah, maka korteks prefrontal akan kewalahan karena jumlah hormon stres dan membuat seseorang kehilangan fokus atau konsentrasi.

4. Berikan waktu istirahat
Studi menemukan 2-3 hari setelah liburan orang akan memiliki waktu istirahat dan kualitas tidur yang lebih tinggi, bahkan dapat ditingkatkan menjadi 80 persen. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan memori dan kesehatan otak.


#Berita Terbaru dan Terkini

Comments

Popular posts from this blog

Iran Mendapatkan 45 Rumah Sakit Pariwisata

Apakah Prediksi Sepakbola Dapat Membantu Anda Menikmati Taruhan Bola

Theranos sedang mati